Perpustakaan Mr Besar Masuk Nominasi Lomba Perpustakaan Umum Kabupaten/ Kota Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Perpustakaan Mr. Besar Kota Tegal tahun 2021 ini masuk nominasi pada Lomba Perpustakaan Umum Kab/ Kota Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Setelah data dan dokumen keikutsertaan perpustakaan kota Tegal mengikuti lomba tersebut, giliran tim penilai dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah datang untuk melakukan verifikasi di Perpustakaan Mr. Besar, Senin (24/5).

Wiluyo selaku Kabid Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tegal mengatakan setelah tahun 2020 kemarin Perpustakaan Mr. Besar mendapat peringkat ketiga se-Jawa Tengah, ditahun ini kembali masuk 6 besar pada lomba serupa. 5 perpustakaan lainnya yakni perpustakaan Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Purbalingga, Wonosobo dan Banyumas.

Untuk persiapan verifikasi, perpustakaan Mr. Besar menyiapkan dokumen-dokumen kepasa tim penilai. Menurut Wilu, bahwa penilaian perpustakaan terbaik lebih kepada penilaian kinerja perpustakaan, termasuk kegiatan atau event yang digelar perpustakaan dan sejauh mana inklusi sosial perpustakaan dijalankan. Seperti bersinergi dengan komunitas-komunitas dan interaksi dengan masyarakat lainnya.

Wilu menjelaskan, bahwa perpustakaan tidak hanya menjadi tempat orang datang lalu meminjam dan membaca buku saja. Melainkan juga bisa menggugah masyarakat untuk berkreasi lewat tulisan, dan cerdas berkarya.

Sementara Ketua Tim Penilai Lomba Perpustakaan Umum Kab/ Kota Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2021, Adib Suharto mengatakan setelah daerah-daerah mengirimkan dokumen untuk mengikuti lomba tersebut, selanjutnya yang masuk nominasi akan dilakukan kunjungan tim penilai untuk memverifikasi langsung. Dari 35 Kab/ Kota yang ada di Jawa Tengah, diambil 6 besar termasuk Kota Tegal yang lolos pada penilaian tahap pertama. Selanjutnya verifikasi mencocokkan data secara riil. Disampaikan Adib, untuk pengumuman pemenang secepatnya akan dilaksanakan Juni mendatang. (Dhanu)

Sumber: https://www.tegalkota.go.id/v2/index.php?option=com_content&view=article&id=5666:perpustakaan-mr-besar-masuk-nominasi-lomba-perpustakaan-umum-kabupaten-kota-tingkat-provinsi-jawa-tengah&catid=20:berita&Itemid=252&lang=id

Total Page Visits: 507 - Today Page Visits: 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *