Sejak Perpusda Mr. Besar Dibuka, Pelajar dan Masyarakat Mulai Berkunjung

Perpusda Mr. Besar Kota Tegal sudah membuka kunjungan sejak 28 Oktober menyusul ditetapkannya Kota Tegal masuk level 1. Dari pembukaan kunjungan ini, setiap hari sudah banyak masyarakat maupun pelajar yang berkunjung untuk menikmati fasilitas Perpusda Mr. Besar, baik meminjam buku ataupun membaca buku di ruangan yang telah disediakan.

Otih Munhareti selaku Kasie Pelayanan dan Informasi Pustaka Dinas Kearsipan dan Perpusda Kota Tegal saat ditemui Kamis (11/11) mengatakan meskipun sudah membuka kunjungan, namun tetap diberlakukan protokol kesehatan.

Tiap-tiap ruangan pengunjung juga dibatasi, seperti di ruangan anak maksimal 15 orang dan ruang dewasa 20 orang. Mereka yang akan berkunjung dan masuk ke ruangan akan selalu bergantian. Dari data kunjungan tercatat jumlah pengunjung ke Perpusda Mr. Besar rata-rata 50 orang.

Selain pelajar atau masyarakat berkunjung langsung, Perpusda juga memiliki aplikasi E-book Si Gatel (Sistem Digital Literasi) yang bisa didownload di playstore. Melalui aplikasi Si Gatel masyarakat bisa membaca dan mencari buku yang diminati dari rumah atau dari mana saja tanpa harus datang ke Perpusda.

Terkait dengan ruangan yang disediakan pengunjung, Otih menjelaskan ada ruangan anak yang dikonsep sedemikian rupa agar anak nyaman dan senang saat berkunjung ke Perpusda. Juga ada ruang digital untuk usia dewasa dengan 5 tablet yang disiapkan dan bisa dioperasikan. Kemudian ada juga ruang referensi dan ruang komputer yang bisa dioperasikan untuk membantu pengunjung dari usia pelajar SMP sampai orang tua.

Tidak hanya membuka kunjungan saja, Perpusda juga sudah mulai melaksanakan Perpustakaan Keliling (Pusling) dengan mengerahkan 4 unit mobil yang disebar ke 4 kecamatan. Pusling ini juga melibatkan kampung dongeng yaitu pendongeng yang setiap saat akan mengunjungi ke TK untuk berdongeng.

Ditambahkan Otih, untuk Kampung Dongeng sendiri, pihak Perpusda bisa langsung datang mengunjungi ke TK sesuai rute mobil pusling ataupun dari TK meminta untuk dikunjungi pendongeng tanpa dipungut biaya alias gratis. Mobil Pusling akan berkeliling setiap hari, dari Senin sampai Sabtu ke sekolah-sekolah. (Dhanu)

Sumber: https://tegalkota.go.id/v2/index.php?option=com_content&view=article&id=6011:sejak-perpusda-mr-besar-dibuka-pelajar-dan-masyarakat-mulai-berkunjung&catid=20:berita&Itemid=252&lang=id

Total Page Visits: 172 - Today Page Visits: 6

Leave a Reply

Your email address will not be published.